Rabu, 07 Desember 2011

KAJIAN DESKRIPTIF TENTANG PEMELIHARAAN TANAMAN PANILI (Vanilla planifolia) PADA USIA PRODUKTIF

Oleh :
Bambang Gunawan
Dosen Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Surabaya

RINGKASAN

Jenis-jenis tanaman panili cukup banyak jumlahnya, tetapi yang umum dibudidayakan oleh petani di Indonesia maupun negara lain, antara lain jenis Vanilla planifolia, Vanilla pompona, dan Vanilla tahitensis; karena ketiga spesies ini mempunyai arti ekonomis tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran yang lengkap dan jelas tentang pelaksanaan pemeliharaan tanaman panili (Vanilla planifolia) produktif, yang dilakukan di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.
Penelitian ini dilaksanakan di lokasi budidaya tanaman panili terdapat di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.  Daerah ini terletak sekitar 47 km kearah timur dari kota Malang dan secara topografi umumnya berbukit-bukit dan cukup terjal, dengan letak ketinggian 750-800 meter diatas permukaan laut.  Kondisi iklim tergolong iklim basah, dimana hujan dapat turun sewaktu-waktu setiap hari.  Suhu rata-rata berkisar 21-240C dengan kelembaban antara 80-89%. Curah hujan rata-rata tiap tahun sebesar 3042 mm.  Jenis tanah andosol yang berwarna kekuningan, berstruktur berdebu dan bertekstur gembur dengan drainase baik.  Derajad keasaman (pH) berkisar 5,5 – 6,5 dengan kemiringan tanah sebesar 25-350.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yang diperlukan, adalah : melakukan observasi, kuesioner, dokumentasi, dan referensi.  Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa :
           1.  Pemeliharaan tanaman panili (Vanilla planifolia) produktif yang dilakukan di Perkebunan
               rakyat di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Malang, meliputi tahapan :
               penyulaman, penyiangan, pemupukan, pemangkasan, perambatan, penyerbukan, dan
               pengendalian hama penyakit.
           2. Tindakan  pemeliharaan  atau  perawatan tanaman panili telah dilakukan secara optimal,
              teratur dan kontinyu, sehingga dapat tercapainya pertumbuhan tanaman yang baik,
              mengurangi resiko kerusakan oleh hama penyakit dan dapat meningkatkan produksi
              semaksimal mungkin.
Kata Kunci : Pemeliharaan tanaman panili, usia produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar